Source Image: Google
Vserv, penyedia platform mobile marketing dan commerce, melakukan penelitian pada
pengguna smartphone di Indonesia.
Hasilnya, mereka mengelompokkan pengguna smartphone
dalam lima persona (semacam profil pengguna). Kamu termasuk yang mana, ya?
Lima persona itu adalah: rakus
data, pecinta game, pengguna utama, iseng/awam, pembicara dan bintang sosial.
Dan, ternyata, persentase terbanyak pengguna smartphone di Indonesia berdasarkan penelitian itu adalah pengguna
dengan persona rakus data!
Tipe rakus data
Sebanyak 20 persen pengguna smartphone di Indonesia masuk dalam
golongan ini. Konsumsi data yang dilakukan golongan ini mencapai 249 MB per
hari. Ini termasuk dari WiFi (109 MB) dan layanan data operator (140 MB).
Golongan ini menghabiskan waktu menggunakan ponsel sebanyak 126 menit per hari.
Dengan waktu-waktu utama di malam hari (pukul 19.00-22.00). aplikasi favorit
mereka, sudah bisa diduga adalah YouTube.
Menyusul kemudian aplikasi browsing UC
Browser dan toko aplikasi Google Play.
Tipe Gamer
Persona berkutnya dari pengguna smartphone Indonesia adalah gamer alias penggemar game. Porsinya mencakup 19 persen.
Golongan ini menghabiskan waktu bermain game
di smartphone hingga 91,2 menit
per hari. Dari sisi konsumsi data, masih cukup besar dengan angka 179 MB per
hari (96 MB seluler; 83 MB WiFi). Game
kesukaan mereka? Clash of Clans, LINE Let’s Get Rich dan Hay Day. Hmm.....
mungkin main Duel Otak juga termasuk di dalamnya, ya!
Tipe pengguna utama
Adalah orang yang menghabiskan
waktu memakai smartphone paling
banyak, dibanding persona lainnya, dalam hal ini mencapai 155 menit. Orang yang
termasuk dalam tipe ini di Indonesia hanya berkisar 17 persen.
Tipe iseng/awam
Adalah pengguna yang paling minim
memanfaatkan smartphone setiap
harinya, hanya 108 menit. Menariknya, golongan ini diperkirakan berusia 36
tahun ke atas. Sebanyak 15 persen pengguna smartphone
di Indonesia masuk dalam golongan ini.
Tipe pembicara
Sebanyak 15 persen, tipe
pembicara adalah kelompok “bawel”
yang menghabiskan hingga 10 menit per hari untuk menelepon (baik panggilan
selular maupun voice).
Tipe bintang sosial
Mungkin sudah bisa diduga, tipe
bintang sosial adalah yang gemar “bersarang” di media sosial. Dengan aplikasi
kegemaran: Facebook, Twitter dan Path.
Kita mungkin merasa tipe ini cukup banyak di Indonesia, tapi ternyata
persentasenya paling kecil yaitu 14 persen.
Vserv menggandeng Nielsen dalam
penyusunan laporan tersebut. Laporan itu berdasarkan pengumpulan data pada
1.600 relawan di seluruh Indonesia selama 3 bulan.
Sign up here with your email
Conversion Conversion Emoticon Emoticon