Penasaran sama enam golongan pengguna smartphone di Indonesia? Vserv, penyedia platform mobile marketing dan commerce, melakukan penelitian pada pengguna smartphone di Indonesia.
Vserv menggandeng Nielsen dalam penyusunan laporan tersebut. Laporan itu berdasarkan pengumpulan data pada 1.600 relawan di seluruh Indonesia selama 3 bulan.
Sagar Phadke, Direktur Eksekutif, Consumer Insight, Nielsen Indonesia, mengatakan pengetahuan akan pengguna smartphone di Indonesia ini bisa bermanfaat bagi para pemasar untuk menyusun strategi yang efektif.
Pranab Punj, Associate Vice President, Global Marketing, Vserv, mengatakan bahwa pesan yang disampaikan perusahaan bisa lebih relevan dengan mengetahui dan fokus pada persona pengguna yang tepat.
Hasilnya, mereka mengelompokkan pengguna smartphone dalam enam persona (semacam profil pengguna). Lima itu adalah: rakus data, penggemar game, pengguna utama, iseng/awam, pembicara, dan bintang sosial.
Ternyata, persentase terbanyak pengguna smartphone di Indonesia berdasarkan penelitian itu adalah pengguna dengan persona rakus data lho!
Sebanyak 20 persen pengguna smartphone di Indonesia masuk dalam golongan ini.
Konsumsi data yang dilakukan golongan ini mencapai 249 MB per hari. Ini termasuk dari WiFi (109 MB) dan layanan data operator (140 MB).
Golongan ini menghabiskan waktu menggunakan ponsel sebanyak 126 menit per hari. Dengan waktu-waktu utama di malam hari (jam 19-23).
Aplikasi favorit mereka, sudah bisa diduga adalah YouTube. Menyusul kemudian aplikasi browsing UC Browser dan toko aplikasi Google Play.
Sign up here with your email
Conversion Conversion Emoticon Emoticon